ANALISIS KEBUTUHAN SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMPN 1 SUMBERBARU

  • Nurus Suhliyatin
  • Fury Setyo Siskawati
Keywords: Kebutuhan siswa, Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kebutuhan siswa dalam pembelajaran matematika pada Bangun datar. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Sumberbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis secara kualitatif sesuai tahapan; Reduksi Data, Memvalidasi atau melakukan triangulasi data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi; Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi.Wawancara dilakukan untuk mengetahui ketersediaan sumber belajar dan fasilitas yang berada di sekolah, dan angket untuk mengetahui masalah pada siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa dibutuhkan Bahan Ajar sebagai sumber belajar tambahan yang memudahkan siswa dalam memahami materi, membantu siswa lebih kreatif dalam proses pembelajaran, menarik minat baca dan motivasi untuk belajar, serta rasa ingin tahu yang tinggi pada siswa SMPN 1 Sumberbaru, sehingga dapat membantu siswa dalam materi Bangun Datar untuk mengidentifikasi sifat bangun datar, menentukan rumus, dan memahami soal cerita. Bahan ajar yang yang dimaksud dapat berupa leaflet berbasis etnomatematika, dimana bahan ajar ini merupakan inovasi baru yang menarik minat siswa

Published
2021-10-06
How to Cite
Nurus Suhliyatin, & Fury Setyo Siskawati. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMPN 1 SUMBERBARU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 312-320. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/612