ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KETERAMPILAN MENYIMAK

  • Euis Intan Massitoh
Keywords: menyimak, kesulitan menyimak, dan factor penghambat

Abstract

Pendidikan berbahasa tidak terlepas dari empat keterampilan yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, tetapi hanya dapat dibedakan. Rendahnya keterampilan menyimak menjadi hambatan masuknya informasi kepada siswa dan akan berdampak langsung kepada keterampilan lainnya karena keterampilan menyimak mempunyai tahapan lebih tinggi yang mampu menginformasikan lagi pemahamannya melalui berbicara maupun tertulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan sebuah hambatan atau factor yang menyebabkan rendahnya keterampilan menyimak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk memperoleh data secara sistematis, factual dan akurat. Data diperoleh dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya keterampilan menyimak terdapat dari factor dalam dan luar lingkungan sekolah. Oleh karena itu guru sangat berperan penting dalam proses pembelajaran keterampilan menyimak.

Published
2021-10-06
How to Cite
Euis Intan Massitoh. (2021). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KETERAMPILAN MENYIMAK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 330-333. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/614