PEMBELAJARAN PROJECT BASED LERNING BERBANTUAN ADOBE FLASH TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

  • Wahyu Lutfi Imam Abdulloh
  • Yeni Suryaningsih
  • Muhamad Kurnia Sugandi
Keywords: Project based learning, Adobe flash, berpikir kreatif, perubahan lingkungan

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran IPA hanya terpusat pada buku paket, proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi. Hal ini berdampak terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa hanya memahami materi pembelajaran secara kontesktual, tanpa mengetahui permasalahan di lingkungan yang berkaitan dengan materi yang dipelajarinya. Proses pembelajaran tersebut belum melatih siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model project based learning berbantuan adobe flash terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan dikelas X IPA 5 SMAN 1 Maja, dan mengetahui respon siswa terhadap model tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimen design dengan menggunakan penelitian deskriptif analisis dengan jenis penelitian kuantitatif. Hal ini terjadi dikarenakan adanya variable kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test mendapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar .009 jika nilai sig.(2-tailed)<0,05 maka H0 ditolak artinya model pembelajaran project based learning berbantuan adobe flash dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran project based learning sebesar 74% memiliki kriteria baik. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa model pembelajaran project based learning berbatuan media adobe flash berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan

Published
2021-10-20
How to Cite
Abdulloh, W. L. I., Suryaningsih, Y., & Sugandi, M. K. (2021). PEMBELAJARAN PROJECT BASED LERNING BERBANTUAN ADOBE FLASH TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 379-386. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/628