PAMPLET-PAMPLET PESANTREN DALAM ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA BIDANG FONOLOGI

  • Syifa Mutia Farrah
  • Deden Sutrisna
Keywords: Fonologi, Pamplet, Kesalahan Kata

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan bahan ajar yang baik, berguna, serta bermanfaat bagi peserta didik dilingkungan pesantren khususnya dalam pembelajaran pembuatan pamplet (multimedia). Bahan ajar tersebut harus mengakomodasi aspek keterampilan dan pengetahuan bahasa salah satunya pengetahuan tentang kaidah kebahasaan berupa pengucapan kata dalam bahasa Indonesia atau kaidah fonologi. Oleh sebab itu, penelitian mencoba menganalisis pamplet berdasarkan kaidah fonologi selanjutnya, hasil analisis tersebut akan dibuat bahan ajar untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar pembuatan pamplet di lingkungan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sumber kesalahan kata dalam pamplet-pamplet di Pesantren At-tadzkir yang meliputi kesalahan bidang fonologi dalam kesalahan pelafalan karena perubahan fonem, dan kesalahan pelafalan karena penambahan fonem. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, karena prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari objek yang diamati. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan penyimpangan atau kesalahan fonologi digunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian analisis fonologi dalam pamplet-pamplet Pesantren At-tadzkir terdapat 2 penyimpangan yaitu: 1) pelafalan karena perubahan fonem, 2) pelafalan karena penambahan fonem.

Published
2021-10-20
How to Cite
Farrah, S. M., & Sutrisna, D. (2021). PAMPLET-PAMPLET PESANTREN DALAM ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA BIDANG FONOLOGI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 418-425. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/632