PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DAN SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI SD

  • Eka Febrianti
Keywords: Peran, Komunikasi Antarpribadi, Membentuk Karakter.

Abstract

Komunikasi memiliki peranan yang sangat besar dalam menghubungkan manusia secara sempit dan luas, komunikasi sangat menentukan bisa ataupun tidaknya hasrat itu dapat terkabulkan. Komunikasi antarpribadi merupakan suatu proses hubungan timbal balik baik secara lisan maupun tulisan yang melibatkan lebih dari satu orang. Rumusan masalah penelitian : Bagaimana peran komunikasi antarpribadi guru dan siswa dalam membentuk karakter di SD. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peran komunikasi antarpribadi guru dan siswa dalam membentuk karakter di SD. Jenis penelitian ini bersifat penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada (Hadari, 2015), Teori yang digunakan adalah teori komunikasi antarpribadi dari DeVito. Hasil dalam penelitian ini adalah peran komunikasi antarpribadi guru dan siswa dalam membentuk karakter di SD. Komunikasi antarpribadi yang baik terbentuk dari hubungan antarpribadi yang baik. Untuk tercapainya komunikasi yang baik dalam membentuk karakter siswa, maka seorang guru harus menguasai teknik atau cara dalam proses komunikasi yang efektif, bagaimana seorang guru terampil dalam berkomunikasi kepada siswanya menggunakan 5 (lima) ciri-ciri komunikasi antarpribadi dari DeVito untuk memudahkan guru dalam menerapkan pola komunikasi antarpribadi kepada siswa seperti : (1) Keterbukaan, (2) Empati, (3) Dukungan, (4) Perasaan Positif  (5) Kesamaan.

Published
2021-10-20
How to Cite
Febrianti, E. (2021). PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DAN SISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI SD . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 426-431. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/633