ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

  • Ika Andani Wijayanti
  • Fury Styo Siskawati
Keywords: analisis kebutuhan, media pembelajaran digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran berbasis digital pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Analisis kebutuhan siswa ini difokuskan pada siswa kelas VIII MTs Al Misri Curahmalang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan untuk mendapatkan data dipilih dari siswa kelas VIII MTs Al Misri Curahmalang sebanyak 24 orang. Data dikumpulkan melalui proses wawancara, observasi, dan pengisian angket berupa kuesioner. Hasil data kuesioner kemudian diolah dan dijadikan dalam bentuk persentase berupa tabel dan grafik. Analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran berbasis digital pada materi
bangun ruang sisi datar menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis digital dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan dan siswa merasa tertarik dengan penggunaan media digital seb agai m edia pemb ela ja ran . Hal ini dapat dilihat berdasarkan dari persentase pernyataan setuju terhadap pembuatan media pembelajaran berbasis digital pada materi bangun ruang sisi datar, yaitu sebesar 87,5% menyatakan setuju. Hasil analisis kebutuhan siswa ini akan digunakan untuk perancangan media pembelajaran berbasis digital pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Al Misri Curahmalang.

Published
2021-10-20
How to Cite
Wijayanti, I. A., & Siskawati, F. S. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 465-471. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/637