DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Leni Rohida
  • Tatang Sudrajat
Keywords: Sistem pembelajaran online, motivasi dan pandemi Covid-19

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengkaji dampak pembelajaran online dalam peningkatan motivasi belajar mahasiswa di masa pandemi Covid-19, dengan mempergunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengetahui bagaimana dampak pembelajaran online dalam peningkatan motivasi belajar mahasiswa di masa pandemic Covid-19. Untuk menganalisis data dikumpulkan melalui studi literatur (library research) dan dianalisa melalui pendekatan data, interpretasi data hingga penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis pada dampak pembelajaran online dalam peningkatan motivasi, adalah peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan mahasiswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar. Di dalam kondisi yang serba terbatas saat ini, dibutuhkan pemahaman dan kreatifitas pendidik dalam mengemas pembelajaran onlinenya agar menarik perhatian dan motivasi siswa dalam mengikuti tahapan pembelajaran online. Pemilihan pendekatan dan model pendekatan yang tepat, serta dukungan berbagai pihak menentukan keberhasilan pembelajaran online. Evaluasi pada pembelajaran online penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan evaluasi pada kembelajaran online maka dapat diketahui apakah pembelajaran dapat berjalan efektif atau tidak. Jika dirasa tidak efektif maka dapat melakukan modifikasi pada sistem pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Published
2021-10-20
How to Cite
Rohida, L., & Sudrajat, T. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 472-477. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/638