URGENSI MODERASI ISLAM DI SEKOLAH UNTUK MENGUATKAN WAWASAN KEBANGSAAN

  • Koko Adya Winata
  • Sahudi Sahudi
  • Uus Ruswandi
Keywords: Urgensi, Moderasi Islam, Sekolah, Wawasan Kebangsaan

Abstract

Islam dan kebangsaan oleh sebagian kalangan senantiasa dihadap-hadapkan seolah-olah saling bertentangan yang tidak mungkin dipersatukan. Konsep kebangsaan dipandang tidak sejalan dengan ajaran Islam karena untuk mengatur kehidupan manusia bukan dengan negara kebangsaan melainkan dengan daulah Islamiyah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji tentang urgensi moderasi Islam di sekolah untuk menguatkan wawasan kebangsaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi pustaka. Dengan metode tersebut, peneliti diharapkan mampu menganalisa secara komprehensif berkenaan dengan urgensi moderasi Islam di sekolah dalam menguakan nilai kebangsaan. Kebangsaan merupakan realitas peradaban manusia yang diakui dalam ajaran Islam sebagai bagian dari kehendak Allah dalam menciptakan manusia yang sifatnya heterogen. Peserta didik harus diajarkan tentang moderasi Islam agar pandangan dan sikap beragamanya mencerminkan nilai-nilai kebangsaan.  Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal; adanya peserta didik yang terpapar paham intoleran, konsep kebangsaan tidak bertentangan dengan Islam dan perlunya integrasi materi moderasi Islam dan kebangsaan dengan mata pelajaran lainnya.

Published
2021-10-20
How to Cite
Winata, K. A., Sahudi, S., & Ruswandi, U. (2021). URGENSI MODERASI ISLAM DI SEKOLAH UNTUK MENGUATKAN WAWASAN KEBANGSAAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 497-506. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/642