KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK DI SEKOLAH DASAR

  • Dini Pebrianti
  • Ani Rosidah
Keywords: Kemampuan Membaca, Media Big Book

Abstract

Literasi membaca merupakan salah satu kunci keberhasilan siswa dalam meraih peningkatan, siswa yang memiliki kemampuan dalam membaca akan mudah menggali informasi dari berbagai sumber tertulis. Maka dari itu literasi membaca hendaknya diterapkan sejak jenjang pendidikan dasar yaitu saat anak masih berada di bangku SD. Untuk menarik minat anak dalam membaca harus dilengkapi dengan media pembelajaran seperti media big book. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dengan menggunakan media Big Book di sekolah dasar. Masalah tersebut terjadi karena siswa kurang memahami kata-kata, dan kurang memahami sebuah kalimat, serta guru tidak menerapkan literasi membaca 15 menit sebelum dimulainya pembelajaran, dan penyampaian materi hanya menggunakan media buku paket, minimnya media pembelajaran. Salah satu metode literasi membaca dengan menggunakan steinberg akan memudahkan anak dalam membaca dengan menyamakan gambar dan bentuk tulisan yang terdapat pada media Big Book. Metode penelitian dilakukan eksperimen dengan desain True Eksperimental Design dengan bentuk posttest-only control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Cimanggu III kelompok I dan II. Hasil analisis data menunjukan adanya perbedaan literasi membaca dengan menggunakan media big book dan tidak menggunakan media big book.

Published
2021-10-20
How to Cite
Pebrianti, D., & Rosidah, A. (2021). KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 547-553. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/649