STUDI LITERATUR: PEMBELAJARAN ABAD-21 MELALUI PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) DALAM MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0

  • Iim Halimatul Mu'minah
Keywords: Pembelajaran Abad-21, STEAM, Era Society 5.0

Abstract

Pembelajaran abad-21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan  generasi abad-21 dengan tiga subjek utama dalam pembelajaran yakni: 1) Keterampilan Belajar dan Berinovasi; 2) Informasi, Media, dan Teknologi; dan 3) Keterampilan hidup dan Berkarir. Keterampilan berpikir yang harus dikuasai peserta didik dalam Pendidikan pada Abad-21 adalah berpikir kreatif, kritis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Dengan demikian perlu dikembangkan sebuah pembelajaran yang terkait dengan pengembangan soft skill dan mampu mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics dalam Pembelajaran Abad-21 ini sehingga diharapkan melalui pendekatan STEAM ini mampu melatih keterampilan abad-21 pada peserta didik. STEAM merupakan sebuah Pendekatan pembelajaran Interdisipliner yang memadukan pengetahuan (science), teknologi (technology), Teknik (engineering), seni (art), dan matematika (mathematics). Melalui Pendekatan STEAM mempersiapkan peserta didik dapat bersaing secara global dan mempersiapkan peserta didik berkompetensi menyongsong era society 5.0. Tujuan dari Penelitian ini untuk memberikan manfaat terkait pendekatan STEAM dalam Pembelajaran abad-21 dalam menyongsong era society 5.0. Metode Penelitian ini  menggunakan studi literatur dengan mengkaji referensi teori yang relevan dengan kasus atau masalah yang ditemukan. Penelitian ini didasarkan pada jurnal empiris dan konseptual tentang STEAM.

Published
2021-10-20
How to Cite
Mu’minah, I. H. (2021). STUDI LITERATUR: PEMBELAJARAN ABAD-21 MELALUI PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) DALAM MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 584-594. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/654