CONCEPT IMAGE-CONCEPT DEFINITION SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN

  • Mohamad Gilar Jatisunda
Keywords: Concept Image, Concept Definition, Didactical Design Research,

Abstract

Pendidikan berperan penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan dari pendidikan matematika tidak diorientasikan pada pengauasaan konsep tetapi lebih kepada pengembangan kemampuan proses dan berpikir matematika serta pemanfaatannya didalam kehidupan siswa. Sebuah konsep pertama kali terbentuk berdasarkan definisi. Konstruksi dasar proses kognitif dikembangkan berdasarkan concept image. Jika siswa tidak memiliki pemahaman mendasar yang mereka butuhkan dari sebuah konsep, maka pemahaman siswa kemudian didasarkan pada fondasi yang buruk. Sehingga concept image merupakan gambaran mental seorang siswa terhadap suatu konsep matematika. Concept image tersebut merupakan gambaran proses berpikir siswa yang menjadi cara pribadi siswa dalam menemukan suatu konsep baru. Hal tersebut juga bisa dijadikan informasi bagi guru Ketika merancang proses pembelajaran karena sudah diketahui sejauhmana kemampuan siswa memahami konsep.

Published
2021-10-20
How to Cite
Jatisunda, M. G. (2021). CONCEPT IMAGE-CONCEPT DEFINITION SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 751-755. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/676