COGNITIVE STYLE DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA DALAM E-LEARNING SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL

Keywords: literasi digital, cognitive style, self-regulated learning, e-learning

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah kehidupan manusia di segala bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Pelaksanaan pendidikan hampir di semua jenjang pendidikan menerapkan pembelajaran secara daring melalui e-learning. Tentu pelaksanaan e-learning ini tidak mudah untuk diterapkan. Banyak kendala yang terjadi dalam implementasinya, salah satunya rendahnya literasi digital siswa, sebagai kemampuan wajib yang dimiliki siswa dalam mengikuti e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  literasi digital siswa berdasarkan kemampuan Cognitive Style dan Self-Regulated Learning dalam penerapan e-learning pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, yaitu mencari data mengenai variabel penelitian berupa catatan, buku, makalah atau artikel jurnal. Dari studi literatur diperoleh hasil bahwa  kemampuan Cognitive Style dan Self-Regulated Learning sangat penting dalam pembentukan literasi digital siswa dan juga berperan dalam keberhasilan belajar siswa pada pelaksanaan e-learning.

Published
2021-10-29
How to Cite
Nahdi, D. S. (2021). COGNITIVE STYLE DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA DALAM E-LEARNING SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 765-773. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/679