MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF
Abstract
Kemampuan penalaran matematis sangatlah diperlukan, karena kemampuan penalaran adalah kemampuan yang tidak sekedar mengingat fakta, aturan, dan langkah-langkah penyelesaian masalah, tetapi menggunakan keterampilan bernalar dalam melakukan pendugaan atas dasar pengalamannya. Pembelajaran matematika adalah salah satu pembelajaran yang mengharuskan siswanya untuk mempunyai kemampuan penalaran matematis. Tetapi kebanyakan siswa itu belum bisa menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, kemampuan siswa mengajukan dugaan, dan lain-lain. Oleh sebab itu, meningkatkan kemampuan penalaran merupakan hal yang sangat penting karena kemampuan penalaran matematis dapat membantu siswa menjadi lebih mudah dalam hal menyelesaikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan penalaran adalah model pembelajaran generatif. Model pembelajaran generatif adalah pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam mengkonstruksikan pengetahuannya.. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada mata pelajaran matematika.