MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF

  • Wahyu Eka Santika Universitas Majalengka
  • Nia Kania Universitas Majalengka
  • Iik Nurhikmayati Universitas Majalengka
Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Generatif

Abstract

Kemampuan penalaran matematis sangatlah diperlukan, karena kemampuan penalaran adalah kemampuan yang tidak sekedar mengingat fakta, aturan, dan langkah-langkah penyelesaian masalah, tetapi menggunakan keterampilan bernalar dalam melakukan pendugaan atas dasar pengalamannya. Pembelajaran matematika adalah salah satu pembelajaran yang mengharuskan siswanya untuk mempunyai kemampuan penalaran matematis. Tetapi kebanyakan siswa itu belum bisa menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, kemampuan siswa mengajukan dugaan, dan lain-lain. Oleh sebab itu, meningkatkan kemampuan penalaran merupakan hal yang sangat penting karena kemampuan penalaran matematis  dapat membantu siswa menjadi lebih mudah dalam hal menyelesaikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan penalaran  adalah  model pembelajaran generatif. Model pembelajaran generatif adalah pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam mengkonstruksikan pengetahuannya.. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada mata pelajaran matematika.

Published
2019-10-22
How to Cite
Santika, W. E., Kania, N., & Nurhikmayati, I. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 479-484. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/69