MENANAMKAN KARAKTER TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR INKLUSI MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan integrasi toleransi dapat dilakukan melalui pembelajaran dan pembiasaan di sekokah dasar inklusi melalui pendidikan multicultural. Sekolah dasar inklusi memiliki perbedaan antara siswa karena menempatkan siswa normal dengan siswa berkebutuhan khusus dalam satu kelas. Dengan perbedaan ini memungkinkan terjadinya konflik antar siswa normal dan anak berkebutuhan khusus. Dengan mengintegrasikan nilai toleransi, siswa di sekolah dasar inklusi tidak sekedar belajar bertoleransi terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan bahasa, namun siswa belajar menghargai segala bentuk kekurangan dari siswa penyandang anak berkebutuhan khusus. Salah satu alternatif untuk mendukung penanaman karakter toleransi dalam lingkup sekolah dasar inklusi adalah melalui pembelajaran berbasis multikultural. Melalui pendidikan berbasis multikultural akan menpengaruhi siswa untuk bersikap lebih toleran dan inklusif terhadap kondisi siswa yang beragam.