DIGITAL HERBARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Ipin Aripin
  • Aden Arif Gaffar
  • M. Barin Abdul Jabar
  • Diana Yulianti
Keywords: Digital herbarium, media pembelajaran, biologi

Abstract

Era pembelajaran digital mengharuskan pengajar lebih kreatif dalam memanfaatkan media dan sarana pembelajaran. Dalam pembelajaran biologi penggunanaan media sangat menunjang proses pembelajaran yang dilakukan khususnya ketika dihadapkan pada konsep-konsep yang abstrak dan sulit dijangkau. Studi literatur mengenai pemanfaatan e-herbarium dalam pembelajaran biologi bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pemanfaatan dan cara pengembangan digital herbarium untuk pembelajaran biologi di sekolah dan perguruan tinggi. Herbarium sendiri merupakan koleksi tanaman yang telah dikeringkan. Pembelajaran biologi terkait keanekaragaman hayati, plantae/tumbuhan, morfologi dan taksonomi tumbuhan tentunya sangat relevan menggunakan media herbarium. Media herbarium saat ini sudah tersedia dalam bentuk digital (e-herbarium) dan dapat diakses secara bebas seperti pada laman https://data.rbge.org.uk/search/herbarium/ dan aplikasi Online Citizen Science (OCS) iNaturalist (https://www.inaturalist.org/). Untuk membuat digital herbarium dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi terkait tumbuhan yang akan dikoleksikan, pengambilan spesimen tumbuhan, mengambil foto tumbuhan yang akan dikoleksikan, mengedit gambar spesimen, mengunggah secara online, dan mengidentifikasi takson. Digital herbarium dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi untuk identifikasi morfologi, anatomi, dan klasifikasi tumbuhan, serta untuk pengenalan berbagai biodiversitas tumbuhan.

Published
2022-10-22
How to Cite
Aripin, I., Arif Gaffar, A., Abdul Jabar, M. B., & Yulianti, D. (2022). DIGITAL HERBARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 41-47. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/775