MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA TEKHNIK MENGGUNAKAN ROLE PLAY

  • Afief Fakhruddin
Keywords: role play, speaking, classroom action research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan speaking mahasiswa dengan mengintensifkan strategi pembelajaan menggunakan role play untuk bahasa Inggris di kelas. Peneliti menerapkan metode kualitatif classroom action research untuk mengukur peningkatan kemampuan speaking mahasiswa.  Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester tujuh program study tekhnik mesin dan informatika.pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Tehnik pengambilan data peneliti  menggunakan speaking test dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa‟ keterampilan berbicara meningkat, terlihat dari hasil setiap cycle nya. Di cycle pertama rata-rata mahasiswa mendapatkan skor 66.7, tetapi di cycle kedua terdapat peningkatan dan menjdai 76.8. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa metode role play dapat meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa

 

Published
2022-10-22
How to Cite
Fakhruddin, A. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING MAHASISWA TEKHNIK MENGGUNAKAN ROLE PLAY. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 57-61. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/778