PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BILANGAN BULAT DI KELAS V SDN KUMBUNG II

  • Elda Fauziah Ramadhani Universitas Majalengka
  • Sigit Vebrianto Susilo Universitas Majalengka
  • Yeni Dwi Kurino Universitas Majalengka
Keywords: Game Interaktif Quizizz, Matematika, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bilangan bulat. Nilai rata-rata hasil ulangan siswa pada materi pelajaran matematika masih rendah, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 60% atau 8 orang siswa yang tuntas dari jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan matematika siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat di kelas V SD Negeri Kumbung II, hal ini tentunya memerlukan perbaikan dalam proses pembelajaran melalui penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kumbung II. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 siswa VA sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan treatment berupa penerapan media pembelajaran game interaktif quizizz dalam pembelajarannya. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes uraian. Hasil analisis data penelitian menjawab hipotesis penelitian. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Published
2022-10-21
How to Cite
Ramadhani, E. F., Susilo, S. V., & Kurino, Y. D. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BILANGAN BULAT DI KELAS V SDN KUMBUNG II. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 99-104. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/785