KANDUNGAN LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK TERPADU SISWA KELAS V SD/MI KURIKULUM 2013

  • Erlian Martiasari Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
  • Sigit Vebrianto Susilo Universitas Majalengka
Keywords: Literasi Sains, Buku Tematik Terpadu, IPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA yang dilihat berdasarkan survei PISA dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kandungan literasi sains yang terdapat di dalam buku siswa, guna meningkatkan keterampilan literasi sains melalui penggunaan buku tematik terpadu siswa kelas V kurikulum 2013 sebagai buku pegangan wajib bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek buku siswa kelas V yang diindikasi mengandung halaman IPA. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah non tes berupa observasi analisis isi dokumen dan studi dokumentasi dengan membaca dan memahami unsur teks pada setiap halaman buku yang dianalisis dan mencocokannya dengan pernyataan dari indikator literasi sains sesuai pada lembar penilaian literasi sains yang diadopsi dari Chiappetta dkk. Data yang diperoleh dimasukkan ke dalam instrumen berupa lembar penilaian literasi sains sebagai data primer. Sedangkan studi dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu miles and huberman untuk mengungkapkan aspek literasi sains yang terdapat di dalam buku pegangan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam buku tematik terpadu terdapat empat aspek literasi sains yakni sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, sains sebagai cara berpikir, sains sebagai jalan penyelidikan dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat dengan proporsi yang tidak seimbang pada tiap aspeknya.

Published
2022-10-21
How to Cite
Martiasari, E., Rodiyana, R., & Susilo, S. V. (2022). KANDUNGAN LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK TERPADU SISWA KELAS V SD/MI KURIKULUM 2013 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 105-110. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/786