MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Abstract
Artikel ini merupakan literatur review yang bertujuan untuk memberikan kajian tentang model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) berbantuan media video terhadap pemahaman siswa. Artikel ini akan membahas mengenai model pembelajaran SETS, berbantuan media video dan pemahaman konsep serta keterkaitan antara tiga aspek tersebut. Model pembelajaran SETS yang lebih dikenal sebagai model pembelajaran Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat (Salingtemas) adalah model pembelajaran bermakna yang mengajak siswa untuk berfikir dan mengaitkan antara masalah yang terjadi secara nyata (Sains) dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. Model ini menjadikan proses pembelajaran menggunakan pengalaman nyata peserta didik sehingga membentuk sebuah pemahaman. Pembelajaran berbantuan media video akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan siswa memahami konteks materi. Pemahaman konsep adalah kemampuan menangkap pengertian-pengertian seperti mampu mengungkapkan suatu materi yang disajikan ke dalam bentuk yang lebih dipahami, mampu memberikan interpretasi dan mampu mengaplikasikannya. Pemahaman konsep bisa ditingkatkan dengan model pembelajaran SETS berbantuan media video karena dalam pelaksanaannya membuat peserta didik belajar bermakna (Meaningfull Learning) seperti yang tercantum dalam kompetensi yang harus dicapai dalam kurikulum 2013. Aspek parameter yang dapat dicapai melalui model pembelajaran ini adalah aspek kognitif, afektif, psikomotor dan peningkatan pengamalan agama yang dianut.