PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI MIKRO
Abstract
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa dalam mempelajari teori ekonomi mikro yaitu kemampuan matematis sebagai bentuk pemodelan konsep-konsep ekonomi. Tetapi kemampuan ini menjadi permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan matematis dalam pembelajaran ekonomi mikro baik berdasarkan jenis kelamin maupun pengalaman belajar ekonomi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, yang berjumlah 107 orang mahasiswa. Variabel yang digunakan yaitu kemampuan matematis mikroekonomi, jenis kelamin dan Pengalaman Belajar. Penelitian ini tidak mengukur hasil belajar ekonomi mikro secara keseluruhan, tetapi difokuskan pada pengukuran kemampuan matematis sebagai indikator utama dalam capaian pembelajaran mata kuliah ekonomi mikro. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan antara laki-laki dan perempuan. Sebagian besar mahasiswa perempuan memiliki kemampuan matematis pada kategori tinggi (34%), sedangkan untuk laki-laki Sebagian besar berada pada kategori sedang (50%). Berdasarkan pengalaman belajar mahasiswa diperoleh hasil bahwa kemampuan matematis mahasiswa dengan latar belakang jurusan ketika SMA dan SMK, pada rumpun IPS berada pada kategori tinggi, sedangkan rumpun IPA pada kategori sangat tinggi. Rumpun administrasi perkantoran, akuntansi dan jurusan lainnya berada pada kategori sedang.