MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

  • Junaedi Junaedi Universitas Majalengka
  • Ipin Aripin Universitas Majalengka
Keywords: Problem Based Learning, E-modul, Keterampilan Memecahkan Masalah

Abstract

Artikel ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan elektronik modul (E-modul) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai model pembelajaran PBL berbantuan E-modul dan kemampuan memecahkan masalah serta keterkaitan PBL berbantuan E-modul dengan kemampuan memecahkan masalah. PBL berbantuan E-modul adalah pembelajaran yang diperoleh melalui proses menuju pemahaman akan suatu masalah dengan memadukan modul yang dimodifikasi tekhnologi informasi sehingga dapat lebih menarik. PBL berbantuan E-modul siswa dapat memperoleh pengalaman dan menangani masalah-masalah yang realistis dan dapat menambahkan fasilitas multimedia (gambar, animasi, audio dan video), sehingga siswa dapat memanfaatkan teknologi informasi sebagai bahan belajarnya. Adapun kemampuan memecahkan masalah merupakan potensi yang dimiliki seseorang dalam proses pembelajaran untuk memecahkan masalah yang bersifat tidak rutin. Pemecahan masalah bertujuan memuat semua aktivitas masalah yang kompleks yang meliputi memahami masalah, mengidentifikasi kecukupan data, dan memilih alternatif strategi yang relevan, melaksanakan strategi disertai dengan motivasi yang kuat, menjelaskan hasil, serta memeriksa kebenaran hasil atau jawaban.

Published
2022-10-21
How to Cite
Junaedi, J., & Aripin, I. (2022). MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 164-169. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/794