MEMPERKUAT IDENTITAS NASIONALISME DI ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH

  • Faruq Hasan Asy’ari Universitas Sebelas Maret
  • Sariyatun Sariyatun Universitas Sebelas Maret
  • Triana Rejekiningsih Universitas Sebelas Maret
Keywords: Identitas Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah, Abad 21

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan di abad 21 ini mencangkup ilmu pengetahuan dan teknologi, baik dibidang informasi, komunikasi dan transportasi, sehingga dunia semakin transparan. Hal tersebut sangat berdampak bagi masyarakat Indonesia didalam struktur kehidupan bernegara, karena dunia sudah terbentuk struktur global. Semua ini sangat mempengaruhi pemikiran, mental, dan sikap generasi muda yang menjadi harapan negara untuk tetap eksis menguatkan identitas nasionalisme mereka. Tujuan penelitian ini memberikan pemahaman pentingnya identitas nasionalisme bagi generasi penerus khusunya peserta didik agar rasa cinta terhadap negara Indonesia tetap kuat. Karena merekalah individu pada kelompok sosial yang akan menghadapi dunia modern di abad 21 ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis data. Dimana data didapatkan dengan melakukan studi kepustakaan dengan menghimpun dan menganalisis dokumen, artikel, jurnal, buku penelitian. Data ditinjau dan diselidiki dalam tiga tahap; umum, eksploratif, dan fokus penelitian. Hasil utama penelitian ini adalah pemahaman tentang identitas nasionalisme sangat penting untuk peserta didik. Sehingga perlu membekali mereka agar memiliki prinsip, watak, dan sikap nasionalisme yang kuat di dalam perkembangan abad 21 ini. Untuk memberikan pemahaman identitas nasionalisme kepada peserta didik, guru dapat mengimplementasikan pembelajaran sejarah. Dengan memberikan materi-materi yang berisikan perjuangan pahlawan kemerdekaan negara Indonesia.

Published
2022-10-21
How to Cite
Asy’ari, F. H., Sariyatun, S., & Rejekiningsih, T. (2022). MEMPERKUAT IDENTITAS NASIONALISME DI ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 170-177. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/795