PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AL QUR’AN: INTEGRASI KONSEP TATA SURYA DENGAN SURAT AL-ANBIYA AYAT 33

  • Indrawati Wilujeng STKIP Al Hikmah Surabaya
  • Mohammad Alif Auliya Akbar STKIP Al Hikmah Surabaya
  • Faiz Hasyim STKIP Al Hikmah Surabaya
Keywords: Integrasi Al Qur’an, Pembelajaran Fisika, Tata Surya

Abstract

Tata surya merupakan salah satu materi pada mata pelajaran fisika. Konsep tata surya juga telah tercantum dalam Al Qur’an, tepatnya pada surat Al Anbiya ayat 33. Integrasi konsep tata surya dengan Al Qur’an sangat diperlukan dalam pembelajaran fisika, sehingga dapat meningkatkan keyakinan peserta didik terhadap keilmiahan Al Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan konsep tata surya dengan ayat-ayat Al Qur’an dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Penelitian ini menggunakan beberapa literatur konsep fisika mengenai tata surya kemudian mengintegrasikannya dengan berbagai informasi yang terdapat pada Al Qur’an dalam pembelajaran fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep fisika terkait tata surya dapat diintegrasikan dengan ayat-ayat yang terkandung dalam Al Qur’an serta dapat digunakan dalam pembelajaran fisika. Hasil literature review ini bisa dilanjutkan dalam penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas pembelajaran fisika terintegrasi Al Qur’an.

Published
2022-10-21
How to Cite
Wilujeng , I., Akbar, M. A. A., & Hasyim, F. (2022). PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AL QUR’AN: INTEGRASI KONSEP TATA SURYA DENGAN SURAT AL-ANBIYA AYAT 33 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 178-185. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/796