MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BAGI SISWA SD PADA ABAD 21

  • Resa Nasriani Universitas Majalengka
  • Yeni Dwi Kurino Universitas Majalengka
  • Yuyun Dwi Haryanti Universitas Majalengka
Keywords: Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Siswa SD, Abad 21

Abstract

Perkembangan abad 21 ditandai dengan pemanfaatan  teknologi informasi dan komunikasi dalam segala segikehidupan termasuk dalam proses pembelajaran salah satunya dalam penggunaan model pembelajaran flipped classroom. Flipped classroom merupakan model pembelajaran yang tergolong baru yang bisa digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Pada pembelajaran biasanya guru menympaikan materri lalu untuk menambah pengetahuan atau mengukur pengetahuan siswanya guru tersebut biasanya langsung memberikan tugas. Berbeda dengan model flipped classroom ini, pada model ini siswa belajar terlebih dahulu dirumah dengan menggunakan tontonan video pembelajaran, memahami powert point, atau dari sumber belajar lainnya dimana ketika pembelajaran dikelas guru hanya perlu membahas apa yang telah dipeljari sebelumnya dirumah atau juga apabila ada yang belum dipahami oleh siswa bisa dibahas ketika pembelajaran berlangsung. Tujuannya untuk mendeskripsikan penerapan model flipped classroom. Metode flipped classroom adalah pendekatan pedagogis inovatif yang berpusat pada peserta didik dengan membalikan sistem pembelajaran kelas konvensional yang selama inidigunakan oleh guru. Implementasi model flipped classroom dapat meningkatkan pengetahuan siswa dan juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran menjadilebih aktif.

Published
2022-10-21
How to Cite
Nasriani, R., Kurino, Y. D., & Haryanti, Y. D. (2022). MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BAGI SISWA SD PADA ABAD 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 220-224. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/801