PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA

  • Rika Firda Rizkia Universitas Majalengka
  • Ipin Aripin Universitas Majalengka
Keywords: Model Pembelajaran, Argument Driven Inquiry (ADI), Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) pada pembelajaran Biologi di SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang masih memiliki kemampuan argumentasi yang rendah, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan guru tentang model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berargumentasi. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang berimplikasi pada kemampuan berargumentasi siswa. Salah satu model yang menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi adalah model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Argument Driven Inquiry (ADI) adalah model pembelajaran yang menekankan pada kegiatan pembelajaran dengan melakukan penyelidikan untuk memfalitasi siswa dalam memahami konsep IPA dengan baik. Keterampilan berargumentasi berperan penting dalam membangun suatu eksplanasi, model dan teori dari suatu konsep yang dipelajari, dengan melatih keterampilan berargumentasi berarti melatih kemampuan kognitif dan afektif yang dapat digunakan untuk membantu memahami konsep-konsep dalam biologi.

Published
2022-10-21
How to Cite
Rizkia, R. F., & Aripin, I. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 225-232. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/802