MATERI BATIK TULIS TRENGGALEK SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI JURUSAN TATA BUSANA

  • Shofia Hamdallah Mukti Universitas Sebelas Maret
  • Muhammad Akhyar Universitas Sebelas Maret
  • Akhmad Arif Musadad Universitas Sebelas Maret
Keywords: Batik Tulis Trenggalek, pembejaran sejarah, sejarah lokal

Abstract

Pembelajaran sejarah ialah suatu upaya yang dapat dikatakan sebagai cara yang tepat agar dapat memberikan suatu pembelajaran yang memberikan kajian lokal dengan mengambil suatu permasalahan yang berada di dekat peserta didik maupun masyarakat, salah satunya ialah Batik Tulis Trenggalek. Batik Tulis Trenggalek diduga berasal dari Kerajaan Majapahit serta pengaruh dari Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Kebudayaan membatik masyarakat Trenggalek diperkirakan sudah ada sejak tahun 1960-an. Namun tumbuh dan berkembang tahun 1980 setelah diadakan pelatihan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Koperindag. Hal yang menarik dari Batik Tulis Trenggalek ialah selalu ada motif cengkeh. Motif cengkeh dijadikan motif yang melambangkan rasa syukur masyarakat Trenggalek terhadap hasil panen yang melimpah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pengguaan materi Batik Tulis untuk pembelajaran sejarah lokal di jurusan tata busana perlu diberikan kepada peserta didik, mengingat Batik Tulis Trenggalek menjadi salah satu icon kebudayaan di Trenggalek. Sehingga peserta didik yang harus diberikan pemahaman tentang hal tersebut. Tujuan dari materi tersebut, akan menjadi sebuah pengetahuan baru untuk peserta didik di jurusan tata busana agar dapat melestarikan dan lebih mencintai produk lokal serta memberikan inovasi-inovasi baru tanpa menghilangkan ciri khas batik tersebut. Metode yang digunakan ialah kajian pustaka, dimana metode ini menggunakan teknik dengan cara mengkaji studi telaah terhadap buku-buku serta literatur, laporan, dan catatan lainnya yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Hasil penelitian dalam Pembelajaran sejarah ini sangat relevan dengan periodesasi masa lalu dan masa kini sehingga dengan sumber Pembelajaran ini peserta didik mengetahui kebudayaan lokal yang ada di daerahnya sendiri.

Published
2022-10-21
How to Cite
Mukti, S. H., Akhyar, M., & Musadad, A. A. (2022). MATERI BATIK TULIS TRENGGALEK SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI JURUSAN TATA BUSANA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 239-246. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/804