MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

  • Siti Evi Samrotu Supiati Universitas Majalengka
  • Muhamad Kurnia Sugandi Universitas Majalengka
Keywords: Project Based Learning (PJBL), Keterampilan berpikir kreatif Maksimal, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Artikel ini merupakan literatur review yang bertujuan untuk memberikan kajian tentang model pembelajaran Project Based Learning pada konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Artikel ini membahas tentang model pembelajaran Project Based Learning dan keterkaitannya dalam konsep pencemaran lingkungan dengan keterampilan berpikir kreatif. Kajian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode study literatur. Project Based Learning merupakan pembelajaran yang mengacu pada filosofi konstruktivisme melalui aktivitas siswa sehingga siswa dapat mengkontruksi pengetahuannya sendiri dan bermakna melalui pengalaman nyata. Berpikir kreatif adalah kemampuan membuat kombinasi ide-ide yang baru berdasarkan data atau informasi yang ada, menemukan banyak jawaban terhadap permasalahan. Guilford dalam Piaw (2004) menyatakan bahwa ada lima indikator berpikir kreatif : (1) fluency (kelancaran), (2) flexibility (keluwesan), (3) originality (kebaruan), (4) elaboration (elaborasi), dan (5) sensitivity (kepekaan). Keterampilan berpikir kreatif dalam konsep materi pencemaran lingkungan dapat ditingkatkan melalui Project Based Learning karena model pembelajaran ini menggunakan proyek yang dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam membuat kombinasi ide-ide yang baru untuk menghasilkan suatu karya sehingga mampu menstimulus kemampuan dan keterampilan siswa, terutama keterampilan berpikir kreatif.

Published
2022-10-21
How to Cite
Supiati, S. E. S., & Sugandi, M. K. (2022). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 247-254. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/805