PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REVERSIBLE THINKING SISWA

  • Haninda Bharata Universitas Lampung
  • Sugeng Sutiarso Universitas Lampung
  • Sri Hastuti Noer Universitas Lampung
  • Dwi Kurniawati Universitas Lampung
Keywords: Pengembangan LKPD, Kemampuan Reversible Thinking Siswa

Abstract

Pada salah satu indikator kemampuan pemecahan masalah adalah “looking back” atau memeriksa kembali. Pada tahapan ini diperlukan kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara terbalik (Reverse). Dalam beberapa disiplim ilmu, kemampuan reversible thinking juga diperlukan untuk menyelesaikan soal-soal yang bersifat keterbalikan contohnya penjumlahan-pengurangan, perkalian-pembagian, fungsi invers, turunan-integral, dan lain-lain. Tahapan kemampuan reversible thinking sendiri terdapat dua, yaitu maju dan terbalik. Tujuan pengembangan LKPD pada penelitian ini adalah sebagai pedoman siswa dalam belajar. Karena didalamnya terdapat tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran untuk dapat meningkatkan kemampuan reverisble thinking siswa.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan pengembangan LKPD, kepraktisan dan keefektifan LKPD dalam meningkatkan kemampuan reversible thinking siswa. Melalui validasi oleh ahli media dan materi, serta tanggapan guru dan siswa di SMP Negeri 1 Limau Tanggamus, LKPD yang dikembangan memenuhi kritesia praktis dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya, terkait keefektifitasan, terdapat pengujian dan pemberian tes kemampuan reversible thinking siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limau Tanggamus.  Hasil pengujian menggunakan uji Wilcoxon diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKPD untuk meningkatkan kemampuan reversible thinking siswa.

Published
2022-10-21
How to Cite
Bharata, H., Sutiarso, S., Noer, S. H., & Kurniawati, D. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REVERSIBLE THINKING SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 260-272. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/807