PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

  • Thia Amelia Hardiyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Agus Hikmat Syaf UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • T. Tutut Widiastuti A UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Pengembangan Modul, Etnomatematika, Kreativitas Matematis, Self Regulated Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan modul berbasis etnomatematika nada angklung modern (2)mengetahui kelayakan modul (3)mengetahui self regulated learning siswa setelah menggunakan modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) alur Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peroses pengembangan dilakukan melalui tujuh tahap yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan pembuatan modul, pengembangan modul awal, uji coba awal, revisi desain, uji coba produk (skala besar), revisi produk akhir; (2) pengujian kelayakan dari ahli media sebesar 92,11%, ahli materi 1 sebesar 93,42%, ahli materi 2 sebesar 90,79%, ahli seni sebesar 100%, serta penilaian respon siswa sebesar 88,47%. Semua penilaian termasuk kepada kategori sangat valid. Kemudian uji coba produk dilakukan tes efektivitas dengan uji coba skala besar dan memperoleh persentase 77,42% dengan kriteria sangat efektif; (3) Tingkat self regulated learning siswa pada pembelajaran matematika setelah menggunakan modul berada pada persentase 72,29% yang termasuk ke dalam kategori tingkat sedang.

Published
2022-10-21
How to Cite
Hardiyanti, T. A., Syaf, A. H., & Widiastuti A, T. T. (2022). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 285-300. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/809