PROSES ABSTRAKSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL

  • Yusuf Arkham Prihandika Universitas Negeri Semarang
  • Rochmad Rochmad Universitas Negeri Semarang
  • Isnarto Isnarto Universitas Negeri Semarang
Keywords: Proses abstraksi, Kontekstual, Kecerdasan Spasial

Abstract

Proses abstraksi merupakan bagian penting dari pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan proses abstraksi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Pulokulon. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XII MIPA. Teknik pemilihan subjek yang digunakan adalah puroposive sampling. Subjek yang dipilih berdasarkan level kecerdasan spasial. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan spasial tinggi mampu untuk memenuhi indikator yang diberikan.  Siswa dengan kecerdasan spasial sedang juga mampu memenuhi semua indikator yang diberikan. Siswa dengan kecerdasan spasial rendah hanya mampu memenuhi satu indikator yang diberikan

Published
2022-10-21
How to Cite
Prihandika, Y. A., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). PROSES ABSTRAKSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 301-308. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/810