PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode demonstrasi dan model pembelajaran STAD dengan metode konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar peserta didik, (2) mengetahui bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran STAD dengan metode demonstrasi lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran STAD dengan metode konvensional dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode demonstrasi dan model pembelajaran STAD dengan metode konvensional ditinjau dari ketrampilan proses belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas 8 di SMPN 6 Majalengka tahun pelajaran 2022/2023 . Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dan diperoleh kelas 8a sebagai kelas eksperimen dan kelas 8b sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, LKPD, soal tes, lembar observasi ketrampilan proses belajar, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar validasi. Validitas isi pada instrumen RPP, LKPD menggunakan SBI dan untuk soal tes menggunakan Koefisien Reprodusitas dan Koefisien Skalabilitas. Validitas empiris pada instrumen soal tes menggunakan nilai Point Biser dan reliabilitas pada instrumen soal tes menggunakan Koefisien Alpha Cronbach. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji Standard Gain dan uji Independent Sample T-test.