PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU SD MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0

  • Yuyun Dwi Haryanti Universitas Majalengka
  • Sa’odah Sa’odah Universitas Muhammadyah Tangerang
  • Yeni Dwi Kurino Universitas Majalengka
Keywords: Prinsip-prinsip, Pengembangan Kurikulum 2013, Guru SD, Society 5.0.

Abstract

Era Society 5.0 menjadi fenomena penting yang harus dihadapi dalam dunia pendidikan setelah era revolusi industri 4.0 sekarang ini. Permasalahan yang dihadapi pada era society 5.0 bahwa teknologi digital diaplikasikan pada kehidupan manusia. Guru sekolah dasar harus memiliki kesiapan dalam mengembangkan kurikulum 2013 sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum. Prinsip-prinsip kurikulum sangat penting sebagai pedoman dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman. Pendidikan di era society 5.0 memungkinkan dapat mengancam keberadaan guru dimana pembelajaran siswa akan berdampingan dengan robot yang akan menggantikan peran guru. Tulisan ini mengkaji mengenai prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang perlu dikuasai guru SD dalam menyongsong era society 5.0. Dengan demikian, dapat diperoleh gambaran prinsip kurikulum yang sesuai untuk dijadikan pedoman pengembangan kurikulum 2013 bagi guru SD dalam menghadapi era society 5.0.

Published
2022-10-21
How to Cite
Haryanti, Y. D., Sa’odah, S., & Kurino, Y. D. (2022). PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU SD MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 343-354. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/816