KONSEP USAHA DAN ENERGI: INTEGRASI AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

  • Kelvin Lutfi Permana STKIP Al Hikmah Surabaya
  • Faiz Hasyim STKIP Al Hikmah Surabaya
  • Trise Nurul Ain STKIP Al Hikmah Surabaya
Keywords: integrasi Al-Qur’an, pembelajaran fisika, usaha dan energi

Abstract

Al-Qur’an merupakan dalil naqli tanpa harus dibuktikan kebenarannya. Integrasi merupakan penyatuan antara berbagai konteks menjadi satu kesatuan yang utuh. Integrasi terhadap nilai-nilai Al-Qur’an merupakan penyatuan suatu konteks terhadap berbagai nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an. Banyak fenomena fisika sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an, contohnya surat Ar-Rad ayat 11 yang mendasari konsep usaha dan energi. Integrasi konsep usaha dan energi dengan ayat Al-Qur’an sangat penting dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menegaskan pentingnya integrasi konsep usaha dan energi dengan ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literature review. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai Al-Qur’an dapat diintegrasikan pada konsep usaha dan energi serta dapat diterapkan pada pembelajaran fisika. Hasil literature review ini dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut terkait dengan penerapan dan pengaruhnya dalam pembelajaran fisika khususnya dalam konsep usaha dan energi.

Published
2022-10-21
How to Cite
Permana, K. L., Hasyim, F., & Ain, T. N. (2022). KONSEP USAHA DAN ENERGI: INTEGRASI AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 360-368. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/819