PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • Mira Sagita Universitas Majalengka
  • Nia Kania Universitas Majalengka
Keywords: Alat Peraga, Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD). Matematika sekolah adalah matematika yang telah dipilah dan disesuaikan dengan tahap perkembangan intelektual siswa, serta digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir bagi para siswa. Matematika adlah objek yang bersifat  abstrak sehingga matematika tidak mudah dipahami oleh sebagian  siswa Sekolah Dasar. Penggunaan alat peraga diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian matematika sebagai objek abstrak dapat dikurangi keabstrakan materi matematika dengan menggunakan model benda konkrit yang dinamakan alat peraga pembelajaran matematika. Alat peraga dapat berfungsi dalam pembelajaran matematika yaitu, memotivasi siswa dalam proses belajar dan relasi baru. Adapun manfaat alat peraga yaitu, dapat meningkatkan sensor motorik anak, mengurangi cara pembelajaran yang bersifat verbalisme, meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, membuat siswa lebih fokus dalam belajar. Keberhasilan dalam pembelajaran adalah hal yang sangat penting. Keberhasilan tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran matematika.

Published
2019-10-22
How to Cite
Sagita, M., & Kania, N. (2019). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 570-576. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/82