MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA MELALUI PEMANFAATAN GAZEBO LITERASI DIGITAL

  • Achmad Hambali SMA Negeri 1 Sragen
Keywords: Gazebo Literasi, Minat baca siswa, Literasi digital

Abstract

Gerakan Literasi Digital Sekolah (GLDS) diselenggarakan berdasarkan sembilan agenda prioritas (nawacita), dilakukan dengan membudayakan kebiasaan membaca dan menulis. Hal ini sesuai dengan amanat pada Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) No. 20 tahun 2003 pasal 4 ayat 5 yang berbunyi “Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat”. Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengembangkan Gerakan Literasi Digital Sekolah (GLDS) untuk menumbuhkan budi pekerti siswa agar tercipta budaya literasi di lingkungan sekolah. Kemendikbud (2016:7) menjelaskan Gerakan Literasi Digital Sekolah adalah gerakan sosial kolaboratif dengan dukungan berbagai elemen pendidikan. hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLDS) di SMA Negeri 1 Sragen sudah mampu menumbuhkan minat baca siswa dengan program gerakan literasi digital sekolah melalui pemanfaatan gazebo literasi digital yang terdapat di taman sekolah. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMA Negeri 1 Sragen hendaknya pihak sekolah meningkatkan kerjasama dengan orang tua, masyarakat sekitar, alumni, dan pemangku kepentingan lain untuk menumbuhkan minat baca siswa

Published
2022-10-21
How to Cite
Hambali, A. (2022). MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA MELALUI PEMANFAATAN GAZEBO LITERASI DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 369-377. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/820