PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Perkembangan zaman dan teknologi pada era globalisasi dibidang industri, menyebabkan perubahan pola pikir dan peran orang tua terhadap perkembangan dan minat belajar siswa. Banyaknya pabrik industri yang masuk ke kabupaten Majalengka khususnya Kecamatan Kasokandel membuat orang tua lebih tersibukkan dengan peran sebagai pekerja dibanding dengan menjalankan perannya sebagai orang tua seutuhnya untuk anak. Hal ini memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa terutama di Sekolah Dasar. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa di SD Negeri Gunungsari I Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pengecekan keabsahan data dilakukan melalui proses triagulasi sumber, metode dan member check. Data yang sudah diperoleh kemudian direduksi, disajikan dan diambil simpulan. Adapun teknik analisis data menggunakan nvivo12. Hasil penelitian melalui angket menunjukkan peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri Gunungsari I termasuk dalam kategori sedang dan minat belajar siswa menunjukkan cukup tinggi. Sementara itu, hasil penelitian melalui wawancara faktor pendukung minat belajar siswa dipengaruhi oleh peran orang tua berupa pemberian bimbingan, dorongan, fasilitas belajar dan didikan orang tua. Selain itu, faktor penghambat minat belajar siswa yaitu kurangnya perhatian, orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan dan kurangnya ketertarikan belajar siswa.