RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Didi Hardika Universitas Majalengka
  • Mohamad Gilar Jatisunda Universitas Majalengka
  • Erik Santoso Universitas Majalengka
Keywords: Respon Siswa, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Matematika, Covid-19

Abstract

Sejak sebuah virus yang bernama Covid-19 mulai mewabah di Indonesia pada tahun 2020 awal, pemerintah terutama Kemendikbud mengambil kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 untuk menekan dan mengurangi jumlah penularan Covid-19. Hal ini diperkuat dengan surat edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 yang berisi tentang segala mekanisme sistem pembelajaran sekolah, bahwa ujian atau tes yang diselenggarakan dalam proses tatap muka tidak boleh dilakukan, melainkan diganti dengan sistem daring atau virtual melalui jaringan atau teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa Respon Siswa Terhadap Kegiatan Belajar Dalam Jaringan Pada Pelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs An-Nawawiyah Kawunggirang dengan jumlah keseluruhan populasi dan sampel adalah 56 responden. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form yang disebarkan oleh masing-masing wali kelas. Berdasarkan hasil penelitian, respon siswa kelas IX MTs An-Nawawiyah Kawunggirang terhadap pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 adalah 310 Jawaban setuju  dan nilai mean dari hasil penelitian ini adalah 3,46.

Published
2022-10-21
How to Cite
Hardika, D., Jatisunda, M. G., & Santoso, E. (2022). RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 389-395. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/822