PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Ujiati Cahyaningsih Universitas Majalengka
  • Ari Yanto Universitas Majalengka
  • Elfa Inayah Universitas Majalengka
Keywords: Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Audio Visual terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan model kuasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa/i kelas VA dan siswa/i kelas VB SDN Kadipaten I tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian sebanyak 42 orang yang terdiri dari 21 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol yang ditentukan melalui nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes soal esay yang digunakan untuk mengukur hasil belajar pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis kualitatif, pada analisis kuantitatif menggunakan program SPSS statistic 26 for windows untuk mengolah data pretest dan posttest, sedangkan analisis kualitatif untuk mendeskripsikan hasil pengolah data. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis Audio Visual dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional dan terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Hal ini berdasarkan hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media Audio Visual diperoleh rata-rata skor domain afektif sebesar 81,80 dan rata-rata pada domain psikomotorik sebesar 83,33.

Published
2022-10-21
How to Cite
Cahyaningsih, U., Yanto, A., & Elfa Inayah. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 396-402. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/823