KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ABAD 21

  • Euis Fajriyah STAI Ma’had Ali
Keywords: Literasi, Numerasi, Matematika, Abad 21

Abstract

Era digital yang kian hari kian berkembang membuat teknologi umum digunakan pada berbagai bidang di abad 21. Salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Bidang pendidikan memagang peranan penting dalam kemajuan suatu negara. Kegiatan pembelajaran dalam bidang pendidikan turut memiliki andil besar dalam keterkaitannya dengan kemajuan bangsa pada abad 21 ini. Ketersediaan sumber informasi dan komunikasi membuat kegiatan pembelajaran dirasa lebih efektif dan efisien. Salah satu pembelajaran yang menjadi fokus penting dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika abad 21 menekankan pentingnya pengembangan aspek 4C yang meliputi keterampilan berpikir kritis (critical thinking), komunikasi (communication), kolaborasi (collaboration), dan kreativitas (creativity). Di antara prasyarat bagi siswa untuk mengeksplor kemampuan abad 21 adalah kemampuan literasi. Literasi numerasi merupakan salah satu keterampilan literasi yang dianggap penting. Hal ini terlihat dari adanya beberapa penelitian yang telah mengkaji dan menemukan pentingnya kemampuan literasi numerasi pada pembelajaran matematika di abad 21.

Published
2022-10-21
How to Cite
Fajriyah, E. (2022). KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ABAD 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 403-409. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/824