PENGEMBANGAN MODEL INTERACTIVE STORYTELLING BERBASIS KOLABORATIF PADA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yaitu model interactive storytelling berbasis android. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya keterbatasan guru dan siswa dalam mengoperasikan android. Sehingga, penelitian ini melengkapi dari permasalahan tersebut dengan berbasis kolaboratif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran interactive storytelling berbasis kolaboratif dengan melalui tahapan penelitian pengembangan EDR yang dikemukakan oleh McKenny & Reeves. Adapun penelitian ini melalui tiga tahapan proses: 1) Tahap analisis dan eksplorasi, 2) Tahap desain dan kontruksi, dan 3) Tahap evaluasi dan refleksi. Hasil akhir dari penelitian ini menghasilkan produk buku panduan bercerita berbasis kolaboratif bersama komunitas kastel imaji dan telah melalui tahap uji coba sebanyak dua kali. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan hasil uji coba yang telah dilaksanakan, model interaktif storytelling ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.