PENERAPAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Salah satu permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran tematik di sekolah dasar adalah masih rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing sikluas 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 79/IV Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta tes berupa essay untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa terhadap suatu permasalahan dalam pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) mengalami peningkatan di setiap pertemuan baik dari segi keterlaksanaan pembelajaran maupun keterampilan berpikir kritis siswa. (ii) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan strategi pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) pada siswa Kelas VI SD Negeri 79/IV Kota Jambi.