INTEGRASI KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYA TULIS ILMIAH PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

  • Risma Khairun Nisya
  • Ismail Kusmayadi
Keywords: : keterampilan menulis, strategi membaca, menulis karya ilmiah.

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh mahasiswa. Menulis, bukan hanya diperuntukkan bagi dosen, tetapi mahasiswa pun perlu mengasah kemampuannya dalam menulis karya ilmiah. Menulis adalah mengungkapkan gagasan dalam bentuk kata-kata tulis. Melalui kata-kata tulis inilah pembaca dapat memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media kata-kata. Dalam mata kuliah bahasa Indonesia di perguruan tinggi, mahasiswa mempelajari empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keeempat keterampilan tersebut dikelompokkan menjadi keterampilan produktif dan keterampilan reseptif. Keterampilan reseptif yaitu membaca dan menyimak, sedangkan menulis dan berbicara termasuk dalam keterampilan produktif. Menulis termasuk dalam keterampilan produktif. Hal ini dikarenakan menulis menghasilkan produk berupa tulisan yang secara konkret menjadi bagian dari implementasi keterampilan berbahasa. Oleh karena itu, mahasiswa memerlukan keterampilan dalam menulis karya tulis ilmiah.  Adapun yang menjadi bahan pertimbangan dalam menulis karya tulis ilmiah di antaranya bagaimana bahasa yang digunakan dalam karya tulis ilmiah? Bagaimana langkah-langkah menulis? Dan bagaimana strategi membaca untuk meningkatkan kemampuan menulis karya tulis ilmiah? Sebagian mahasiswa merasa kesulitan untuk memulai menulis karya ilmiah sehingga untuk menulis karya ilmiah memerlukan waktu yang lama. Makalah ini membahas mengenai penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah, langkah-langkah menulis karya tulis ilmiah, dan integrasi membaca dan menulis untuk meningkatkan produktivitas dalam menulis karya tulis ilmiah.

Published
2022-10-22
How to Cite
Nisya, R. K., & Kusmayadi, I. (2022). INTEGRASI KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYA TULIS ILMIAH PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 432-439. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/828