PENTINGNYA PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan suatu proses belajar mengajar yang mengandung dua jenis kegiatan yang tidak terpisahkan. Menurut Dimyati dalam (Susanto, 2013: 186), pembelajaran adalah “kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar”. Dalam proses pembelajaran matematika, baik guru maupun siswa bersama-sama menjadi pelaku terlaksananya tujuan pembelajaran. Mengingat matematika memilikii beberapa unit yang satu sama lain saling berkaitan, maka yang penting dalam belajar matematika adalah bagaimana kemampuan seseorang dalam memahami konsep memecahkan masalah matematika. Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan yang menjadi landasan penting untuk berpikir dalam menyelesaikan permasalahan. Upaya untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika ini dilakukan dengan memanfaatkan realita dan lingkungan yang nyata dan dekat dengan anak. Pembelajaran realistik pada dasarnya adalah pemanfaatan realita dan lingkungan yang dipahami peserta didik untuk memperlancar proses pembelajaran matematika sehingga mencapai tujuan pendidikan matematika. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menggunakan pnendekatan Realistic Mathematics Education (RME) sangat cocok diterapkan dijenjang sekolah dasar. Dimana RME merupakan pendekatan dalam pembelajaran matematika yang diawali dengan pemberian masalah kontekstual yang dihubungkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa sebagai pengalaman belajar yang berorientasi pada hal-hal yang real (nyata) serta siswa juga mampu menyelesaikan masalah kontekstualnya dengan cara mereka sendiri.