PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SPEAKING PADA MAHASISWA TEKNIK SIPIL

  • Yayah Nurhidayah
  • Chusnul Chotimah
Keywords: PjBL,Speaking, Mahasiswa Teknik Sipil

Abstract

 

Bahasa Inggris adalah Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yang wajib diambil oleh mahasiswa di setiap fakultas di berbagai perguruan tinggi. Mengajar Bahasa Inggris pada mahasiswa yang tidak memilihnya sebgai program studi pilihan tidaklah mudah terlebih banyak kompetensi bahasa yang harus dikuasai mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi model pembelajran perbasis proyek dalam meningktakan kemampuan speaking mahasiswa program studi teknik sipil. Project Base Learning (PjBL) adalah pendekatan pengajaran yang dibangun diatas kegiatan pembelajran dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari- hari untuk dipecahkan secara berkelompok (Goodman dan Stivers). Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah 20 mahasiswa teknik sipil yang mengontrak mata kuliah Bahasa Inggris pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tugas mahasiswa. Hasil penelitian menunujukan bahwa 85 % model PjBL efektif digunakan selama proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan ini bisa disimpulkan bahwa PjBL merupakan model pembelajran yang tepat untuk meningkatkan speaking mahasiswa teknik sipil pada mata kuliah Bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan PjBL berbasis proyek yang  memberikan pembelajaran secara detail, rinci dan menantang  sesuai dengan pengalaman mahasiswa dilapangan secara langsun

 

Author Biographies

Yayah Nurhidayah

 

 

Chusnul Chotimah

 

 

Published
2022-12-08
How to Cite
Nurhidayah, Y., & Chotimah, C. (2022). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SPEAKING PADA MAHASISWA TEKNIK SIPIL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 508-517. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/844