KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DAN DISPOSISI MATEMATIS

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Majalengka
  • Erik Santoso Universitas Majalengka
  • Nia Kania Universitas Majalengka
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Disposisi Matematis

Abstract

Kajian ini di latarbelakangi dengan rendahnya kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif. Matematika adalah salah satu pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk berpikir kreatif matematis. Beberapa siswa mengalami kesulittan belajar  dan hanya bisa mengerjakan soal yang diberi contohnya saja. Oleh kerena itu, kemampuan berpikir kreatif matematis sangatlah diperlukan, karena kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan ide baru yang berbeda dan orisinil. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah dengan disposisi matematis. Disposisi matematis adalah sikap positif terhadap matematika yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa dengan menumbuhkan rasa percaya diri, keingintahuan yang tinggi, tekun dalam memecahkan masalah matematis. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada mata pelajaran matematika.

Published
2019-10-22
How to Cite
Nurhayati, N., Santoso, E., & Kania, N. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DAN DISPOSISI MATEMATIS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 592-596. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/85