PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

  • Risse Uliya Nurlaela Universitas Majalengka
  • Roni Rodiana Universitas Majalengka
  • Yuyun Dwi Haryanti Universitas Majalengka
Keywords: IPS, Berpikir Kritis, Metode Problem Solving

Abstract

Pembelajaran IPS di Sekolah dasar lebih menekankan pada ilmu-ilmu sosial dalam mengkaji gejala dan masalah sosialyaang terjadi di masyarakat, Permasalahan yang terjadi saat ini, masih banyak ditemukan berbagai argumen bahwa pembelajaran IPS sebagai pembelajaran hapalan. Namun kenyataannya dari pembelajaran IPS terdapat penomena-penomena yang dapat digali oleh siswa, sehingga siswa dapat menemukan sebuah permasalahan secara nyata di sekitar lingkungan untuk dijadikan sebuah pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis dalam menanggapi permasalahan tersebut. Pengembangan kemampuan berpikir kritis yang optimal mensyaratkan adanya kelas yang interaktif. Agar pembelajaran dapat interaktif, maka desain pembelajaran harus menarik sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam prroses pembelajaran. Dalam pembelajaran yang menegembangkan keterampilan berpikir kritis lebih melibatkan siswa sebagai pemikir, bukan seorang yang diajar. Adapun pengajar berperan sebagai mediator, fasilitator, dan motivator yang membantu siswa dalam belajar dan bukan mengajar, salah satunya dengan metode pembelajaran problem solving dimana melalui metode Problem Solving diharapkan dapat mempermudah pemahaman materi pelajaran yang diberikan dan nantinya dapat mempertinggi kualitas proses pembelajaran yang selanjutnya dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS.

Published
2019-10-22
How to Cite
Nurlaela, R. U., Rodiana, R., & Haryanti, Y. D. (2019). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 610-616. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/88