RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM KEAMANAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION RC-522 DAN NODE MCU ESP8266

  • Misbahuk Munir H. Yahya Universitas Majalengka
Keywords: Perpustakaan, Sistem Keamanan, Pelayanan

Abstract

Perpustakaan adalah tempat menyimpan berbagai jenis bahan bacaan. dari kalangan masyarakat atau mahasiswa dapat memanfaatkan bacaannya, Perpustakaan rawan kejahatan penyalahgunaan koleksi perpustakaan. Pencurian merupakan tindakan mengambil bahan pustaka tanpa melalui prosedur. Perpusda Majalengka merupakan perpustakaan umum yang berada ditingkat daerah ( kabupaten / kota ). Sistem yang  diterapkan di PERPUSDA Majalengka  masih bersifat konvensional diantaranya, pertama pelayanan pengunjung dan pelayanan peminjaman koleksi buku/cd yang masih di tulis secara manual di buku besar pengunjung atau peminjaman yang selanjutnya diinputkan ke Ms. Excell untuk dijadikan bahan database peminjam, sehingga dari sisi pelayanan akan terdapat berbagai masalah, seperti  menghambat waktu, kerusakan pada buku/kertas. Kedua kurang efektifnya sistem keamanan yang digunakan, karena hanya menggunakan kamer pengawas CCTV yang masih menuntut keterlibatan manusia dalam proses pengawasan sehingga masih dianggap berpotensi kehilangan koleksi buku disetiap perrekapanya. Masalah kurang optimalnya sistem keamanan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Majalengka menuntut sebuah pembaharuan sistem keamanan dengan memanfaatkan teknologi modern, oleh karena itu penerapan teknologi seperti penggunaan chip dan pelayanan terkomputasi mejadi solusi alternatif.

Untuk menyelesaikan masalah diatas, maka dalam penelitian ini diusulkan sebuah sistem keamanan perpustakaan menggunakan Radio Frequency Identification Rc-522 dan nodeMCU ESP8266.

Published
2021-08-07