ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SEBAGAI PENENTU PERBAIKAN JALAN (STUDI KASUS JALAN PEREMPATAN TARIKOLOT MAJALENGKA-JALAN BUNDERAN BARIBIS)

METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

  • Budi Irawanto universitas majalengka
  • Arief Rijaluddin Program Studi Teknik Sipil, Universitas Majalengka
  • Yayat Hendrayana Program Studi Teknik Sipil, Universitas Majalengka

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat berperan penting dalam mengalihkan arus lalu lintas. Saat ada ruas jalan yang terhadi kerusakan, maka akan berdampak cukup besar pada arus lalu lintas. Kerusakan jalan dapat dianalisis untuk mengetahui penyebab terjadinya dan altenatif penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan dan nilai kondisi jalan sehingga dapat menentukan cara perbaikannya. Metode yang digunakan dalam meneliti ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI). Berdasarkan nilai prioritas Direktorat Jenderal Bina Marga dan Manual Pemeliharaan Rutin Jalan. Penelitian dilakukan dengan pengamatan kondisi ruas jalan dengan mengukur luasan masing-masing kerusakan dengan menggunakan mistar. Data sekunder dari Dinas Pekerjaan Umum Penatan Ruang Dan Perumahan Rakyat Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan hasil evaluasi kondisi perkerasan jalan perempatan Desa tarikolot sampai jalan Bunderan Baribis Majalengka (Sta 3+000 samapai dengan Sta 6+000), untuk sampel/segmen 5 Sta 5+000 – 5+500 nilai Pavement Condition Index sebesar 27 dan ratting dalam kondisi poor (jelek) dan nilai yang ditentukan menurut bina marga sebesar 8 maka dilakukan pemeliharaan rutin, sedangkan untuk Nilai keseluruhan rata-rata pavement condition index maka diperoleh nilai 44,17 dan ratting dalam kondisi fair (sedang), dan nilai yang diteentukan menurut bina marga sebesar 9 maka dilakukan pemeliharaan rutin.

Kata Kunci: Kerusakan Jalan, Metode Pavement Condition Index, Penanganan kerusakan

 

Published
2023-09-27
How to Cite
Budi Irawanto, Rijaluddin, A., & Hendrayana, Y. (2023). ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SEBAGAI PENENTU PERBAIKAN JALAN (STUDI KASUS JALAN PEREMPATAN TARIKOLOT MAJALENGKA-JALAN BUNDERAN BARIBIS). SEMINAR TEKNOLOGI MAJALENGKA (STIMA), 7, 150-156. https://doi.org/10.31949/stima.v7i0.964